4 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah

Cara-Mengatasi-Kaki-Kering-ala-Nona-Hitam-Pahit

Bicara mengenai kulit kaki kering dan pecah-pecah bukanlah hal baru lagi. Kaki kering dan pecah-pecah tidak sedap dipandang mata. Siapa yang mengalami hal serupa denganku? Aku sendiri lebih dominan kaki kering karena faktor cuaca dan air.

Sejak pindah ke Bali, keadaan kulit kakiku semakin menyedihkan karena kandungan Chlorine yang tinggi. Dari mulai kering dan pecah yang menyebabkan sedikit gatal.

Lalu, gimana cara aku menyembuhkan kaki yang sedang ngambek? Ada 4 cara yang aku gunakan dan patut kamu simak dibawah ini

  1. Rajin Menggunakan Pelembap

    Tidak hanya kulit tangan saja yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal menjaga kelembapannya. Kaki pun wajib menggunakan pelembab. Tidak beda jauh, tekstur pelembab yang aku gunakan agak kental setipe dengan hand cream. Karena memang jenis kulit kakiku kering dan agak pecah.

    Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Kulit Sawo Matang Yang Eksotis

  2. Rendam Air Garam

    Tahu kah kamu? Kandungan garam pada air dapat menjadi antiseptik yang membantu meredakan infeksi kaki. Merendam kaki menggunakan air hangat dikenal dengan istilah hidroterapi. Ternyata teknik ini sudah dikenal sejak zaman Yunani. Terapi ini membantu merelaksasikan otot-otot, menghilangkan ketegangan tubuh karena kaki tempat di mana semua saraf berkumpul.

    Merendam-Kaki-Dengan-Air-Hangat-Garam-Mampu-Menjaga-Kelembapan-Kulit
    picture by Google
  3. Gunakan Minyak Olive Oil atau VCO

    Baluri kaki dengan minyak favorit kamu. Bisa menggunakan minyak olive atau VCO (Virgin Coconut Oil) sebelum tidur. Kenakan sembari dipijat lembut. Minyak akan membantu melembabkan dan pijatan akan merangsang sirkulasi darah.

    Penggunaan Virgin Coconut Oil COCO Beauty dapat mengurangi kekeringan dan pecah-pecah kulit kaki
    courtesy: personal
  4. Lakukan Eksfoliasi

    Tiap harinya sel kulit akan berganti dengan sel baru yang sehat. Dan baiknya memang kulit mati tersebut dibersihkan supaya tidak terjadi penumpukan sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati ini yang menyebabkan kulit menggelap.

    Tony-Moly-Super-Peeling-Liquid-Nona-Hitam-Pahit

    Oleh karena itu salah satu andalan aku untuk eksfoliasi adalah menggunakan foot mask Tony Moly Foot Peeling Liquid. Caranya mudah banget dan efisiensi waktu. Dikemasan memang disebutkan bahwa pengelupasan terjadi pada hari ke-5. Tapi pada kenyataannya butuh waktu 7 hari untuk melalui tahap pertama. Dan pengelupasan memakan beberapa tahap hingga seluruh permukaan telapak kaki mengelupas sempurna.

    Manfaat Penggunaan Tony Moly Peeling Liquid ala Nona Hitam Pahit

    Kebetulan aku beli saat trip ke Korea Selatan tahun 2018. Harga satuannya ₩ 8.800 (kurs saat itu IDR 13.000) berarti selembarnya seharga IDR 114.000. Sebenarnya ada promo buy 1 get 1 dengan paketan 10 pcs yaitu sebesar 1.3 juta bila dirupiahkan. Cuma aku mikir, ini pertama kali aku coba dan belum tau sebagus apa khasiatnya, kan?

    Isi kemasan Tony Moly Super Peeling Liquid terdiri dari cairan Peeling, plastik masker, dan foot lotion

    Berikut adalah gambaran kakiku sebelum eksfoliasi.

    Tampak jelas dibeberapa bagian jari kaki kering. Entah kenapa, dalam periode tertentu kulit jemari kakiku suka kering diiringi rasa gatal. Setelah itu akan kering menggelap hingga permukaan mengeras dan kebas. Biasa kalau begini, mau nggak mau akan aku gunting permukaan yang keras tersebut.

    Ciri Kulit Kaki Kering

    First step, bersihkan kaki sebelum menggunakan Tony Moly Peeling Mask. Pastikan kaki dalam keadaan kering. Kemudian mulai memasukkan cairan peeling ke dalam kemasan lembaran masker yang masih kering. Biarkan cairan meresap merata pada seluruh masker. Kemudian pasang masker pada kedua kaki dan jangan lupa untuk dikunci. Diamkan dalam waktu kurang lebih 20 menit sembari pijat lembut kaki.

    Berikutnya bilas kaki dengan air dan pastikan mengeringkan kaki hingga buku-buku jari. Langkah selanjutnya, mengolesi seluruh permukaan kaki dengan foot lotion yang telah disediakan lalu diamkan dan beraktivitas seperti biasa.

    Butuh waktu pengelupasan kurang lebih 7 hari setelah pemakaian, itu pun secara bertahap. Jadi nggak serta merta kulit kaki rontok semua. Dibawah ini tampak kulit kakiku, hanya dibeberapa bagian yang memberikan tanda-tanda kulit mengelupas. Awalnya aku mengira, wah… harganya mahal gini ternyata nggak terkelupas kulit kakiku :'(

    Hari ketujuh penggunaan Tony Moly Peeling Mask Foot Shiny oleh Nona Hitam Pahit

    Hasil Hari Ketujuh Penggunaan Tony Moly Super Peeling Liquid Part.2

    Ini setelah hari ke-9 penggunaan Tony Moly Super Peeling Liquid Shiny Foot dan memang sudah terlihat jelas pengelupasan kulitnya.

    Masuk minggu ke-2 dengan hasil seperti dibawah. Agak jijik ngelihat kaki sendiri seperti ini 😂 Rasanya aneh seperti kulit super kering dan nggak terawat.

    Hasil-Setelah-Penggunaan-Tony-Moly-Peeling-Mask-Hari-Ke-Delapan

    Pengelupasan sendiri bisa dibantu dengan cara kita kopek sendiri. Tapi dengan catatan, hati-hati dan gunakan feeling, mana yang kira-kira memang nggak akan perih/sakit ketika kita paksa copot. Untuk hasil maksimal memakan waktu kurang lebih 2 minggu lebih. Jadi pastikan setelah seminggu pemakaian Tony Moly Super Peeling Liquid Mask, kamu nggak ada rencana ke pesta atau menggunakan sepatu terbuka.

    Hasil-Dari-Pengelupasan-Minggu-ke-2-Penggunaan-Tony-Moly-Super-Peeling-Liquid

Today a reader, tomorrow a leader.
A good readers live a comment here ^ ^
I always try to reply your comment and visit back to your blog/website.
So, keep coming back and we can be a friend xoxo

10 thoughts on “4 Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah

    • Elnie says:

      hahaha iya, mbak. Aku pun baru tahu kalo nggak karena teman beauty blogger pada berisik :)))

      Intinya, mesti sabar sih mbak. Balik lagi ke kaidah pake skincare. Waktu adalah koentji ^ ^

  1. Melissa says:

    Wahh berguna banget neh , kaki ku juga kering banget , butuh neh masker kaki seperti ini , tapi agak lama ya proses pengelupasannya.

    • Elnie says:

      banget sis. Abis pake ini dan melalui prosesnya tuh kayak sayang ya kalo kaki dibawa jalan sembarangan :)))

  2. Reyne Raea says:

    tumit saya juga pecah-pecah, memang kulit saya kering banget sih, sejak dulu, dan sensitif.
    Kalau nggak pakai sandal, bahkan injak keramik jenis berbeda saja bikin tumit saya pecah-pecah.

    Biasanya sih saya rendam pakai air garam, kalau lagi rajin, terus di disikat pakai sikat kaki yang kasar itu loh, lalu rajin pakai foot cream sebelum tidur dan dibungkus kaos kaki

    TAPI KALAU RAJIN, nyatanya seringnya malas, bahahaha

    • Elnie says:

      Waaahh… sama banget, mbak. I feel you! Aku juga kombinasi rendam dengan air garam sama sikat. Yang paling cepet sih sikat. Pake body butter baru nolong melembabkan, karena dasarnya kulit kakiku juga tipe yang kering kerontang 😂

  3. Devip_skr.arm says:

    Hmmm,,kita punya masalah sama kakkk,,,kulit kaki jeringg dan oecah pecahh😭,,,mkshhh tipsnyaa ,,akann kucoba🥰

  4. Lulu Wulandari says:

    Saya paling suka ini rendam kaki dengan air garam, apalagi kalo airnya hangat. Kayak semacam relaksasi gt.. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.