Ritual Perawatan Untuk Rambut Rontok

Udah coba berbagai jenis sampo tapi masih rontok juga!

Katanya kalau rambut rontok nggak boleh pakai conditioner?

Apa benar makan kacang bisa memperkuat akar rambut?

 

Entah udah berapa banyak metode dan produk yang aku coba untuk mengatasi rambut rontok. Gimana dengan kamu? Aku yakin nggak sedikit yang mengalami kerontokan rambut. Alih-alih malah kadang aku cuekin aja. Tentunya memiliki rambut subur, tebal, dan berkilau merupakan impianku, nggak terkecuali dambaan setiap wanita. Aku hampir menyerah untuk mengatasi kerontokan rambut. Tapi, berikut ritual perawatan rambut rontok yang masih aku jalani dari dalam dan luar. Karena sejauh ini, langkah-langkah dibawah yang sangat membantu mengurangi rambut rontokku.

 

1. Konsumsi makanan atau vitamin rambut mengandung zat besi atau ZINC

Masih inget reviewku tentang perawatan rambut di ERHA? Nah, hingga saat ini aku masih konsumsi Follicore Herbal. Vitamin ini membantu mengurangi kerontokan rambut dari dalam dan alami karena faktor hormon genetic.

Vitamin-Rambut-Untuk-Kesehatan-Rambut

Selain itu aku juga mengkonsumsi ROMMONS. Mirip dengan sugar bear hair yang hits berwarna biru, tapi ini versi affordable-nya. Kandungan vitaminnya banyak. Nggak hanya berfungsi untuk rambut, tapi juga kesehatan kuku dan kulit. Buat yang kukunya rapuh, boleh dicoba. Bentuknya yang lucu dan rasa seperti permen gummy membuat aku jadi rajin konsumsi.

2. Penggunaan Hair Dryer Yang Tepat

Jujur, aku bukan tipe orang yang demen ngeringin rambut menggunakan hairdryer alias alat pengering. Why? Rambutku udah kering dan fizzy, tambah hair dryer makin kering crispy. Sejak saat itu aku hanya membiarkan rambutku kering alami setiap keramas. Tapi kali ini lain cerita, setelah melakukan beberapa riset aku memutuskan untuk menggunakan hair dryer lagi. Dan kali ini aku menggunakan hair dryer dari TESCOM. Aku beli yang travel size TCD45. Versi light dan travel friendly-nya NTCD50. Walau nggak ada facial mode dan diffuser, menurutku ini sudah cukup memenuhi kebutuhanku. Kandungan collagen, platinum, dan nano ionnya. Pas beli aku agak gambling, bagus beneran nggak ya? Atau, cuma kemakan review influencers? Karena memang harganya quite pricey. Sampai rumah aku langsung coba dan ternyata it works pretty well. Now I could say I can’t live without it. Karena memang sebagus itu. Rambutku nggak kering karena ada cool mode-nya yang menghasilkan collagen sehingga rambut tetap sehat dan terlihat moist. Aku suka banget hasil rambut jadi fluffy. Intinya, rambutku jadi nggak kering.

 

3. Rajin Pakai Hair Tonic

Aku masih menggunakan hair tonik dari ERHA HairGrow Tonic karena memang sejauh ini—dari aku post tulisan perawatan rambut rontok dengan ERHA Laser Treatment, dampaknya positif. Rambut rontok jauh berkurang serta merah-merah dikulit kepala. Aku juga udah nggak ketombean lagi. Penting menggunakan hair tonic

Baca: Mencegah Kerontokan Rambut Dengan ERHA Red Light Therapy dalam 7 Hari

4. Shampoo Yang Tepat Adalah KUNCI!

Cara-Mengatasi-Rambut-Rontok-Dengan-Ganti-Sampo-Kerastase-Bain-Densite

Sejujurnya ini semua bermula dari nonton youtube Stefany Talita yang Haircare Routine super lengkap. Lalu langsung auto pengin. Jadi, mulai dari 15 Februari aku nyobain KERASTASE Bain Densite Densifique. Pertama kali, aku coba travel size dulu karena KERASTASE termasuk lini sampo premium. Kalau nggak cocok kan bisa berabe. Bisa dibilang sampo ini wanginya WANGI ORANG KAYA! Hahaha… Habis keramas rambut wanginya benar-benar enak dan awet. Kerontokanku jauh berkurang. Yang paling penting, aku udah nggak pake selsun blue. Masalah ketombe pun udah bye-bye!

 

5. Keramas Dan Menggunakan Conditioner Lebih Teratur

Conditioner-Rambut-Rontok-Kerastase-Resistance

Aku paling males disuruh pakai conditioner. Why? Karena pengalaman buruk menggunakan conditioner yang mengakibatkan rambut jadi super lepek dan nggak bisa distyling. Sejak saat itu aku nggak pernah pakai lagi. Sampai akhirnya aku ngikutin hair journey salah satu influencers favoritku, Stefany Talita (lagi!). Akhirnya aku memberanikan diri mencoba KERASTASE Resistance Fondant Extentioniste. Ternyata wanginya enak dan memang bikin rambut lembut, lurus, tapi nggak bikin lepek. Sejauh ini, rambutku jauh lebih mudah diatur.

 

6. Rajin Hair Mask

masker-rambut-mengatasi-kerontokan-ala-nona-hitam-pahit

Biasa aku menggunakan LUSH yang ROOT, fungsinya untuk memperkuat akar rambut dan membuat rambut mengembang indah. Terus, efek minty bikin dingin kulit kepala. Tapi kali ini aku mulai mencoba KERASTASE Resistance Masque Therapiste. Bisa digunakan 1-2x dalam sebulan. Tapi kalau rambut kamu kering dan mengalami kerusakan lumayan parah, bisa digunakan seminggu 1x atau sekali dalam 2 minggu.

 

7. Rajin Catokan Atau Hair Dryer. Krim Ini Mampu Menjaga Kesehatan Rambutmu!

Heat-Protector-Mudah-Meresap-Dan-Membantu-Kerontokan-Rambut

Saat aku beli si TESCOM, kebetulan aku dapat bundling package dengan catokan hair brush curly straightener. Again, karena aku keracunan Stefany, aku beli KERASTASE Resistance Ciment Thermique yang berfungsi melindungi rambut dari panasnya catokan atau hair dryer. Heat protector satu ini wanginya, YA TUHAN. Enak. Nggak ngerti gimana menjelaskan dalam kata-kata. Yang pasti aroma citrus segar bikin up-lifting mood. Bikin rambut lebih bouncy dan nggak lepek. Rambut jauh lebih mudah diatur, lurus tapi nggak yang jatuh, gitu. Produknya sendiri creamy tapi nggak lengket dan mudah menyerap. Entah kenapa nge-blow dengan KERASTASE Resistance Ciment Thermique lebih cepat keringnya. Belum lagi, styling rambut jauh lebih awet.

 

8. Hair Oil

Hask-Macademia-Hair-Oil-Kerontokan-Rambut

Fungsi hair oil di sini untuk menjaga kelembapan rambut agar tidak mudah rusak dalam arti bercabang, pecah-pecah, dan kering. Seringkan kalau kita manjangin rambut lalu diujungnya split-ends? Nah, si hair oil ini membantu mencegah kerusakan rambut seperti itu. Terutama yang suka bleaching atau cat rambut dan pengguna hair dryer atau alat pelurus rambut. Kalau sebelumnya aku pakai COCO Beauty sebagai hair oil, sekarang aku lagi nyoba HASK karena aku udah pernah nyoba hair mask-nya waktu dibagikan sample pas pameran beauty di Jepang. Produk asal Morocco ini, buat rambut aku lebih shiny, silky, dan wanginya enak. Ada beberapa varian tapi pilihan jatuh ke Macadamia Oil yang berfungsi untuk melembapkan dan melindungi rambut. Secara nggak catokan aja rambutku kering, jadi menurutku ini worth to buy. Aku beli ini pas ke Malaysia. Harganya kisaran hampir IDR 40.000 untuk ukuran 18ML. Sejauh ini aku suka sama hasilnya karena memang bikin rambutku berkilau dan wanginya enak banget!

Sekian pencegahan rambut rontok dari aku. Kalau memang ada yang mau review detail, let me know ya!

Today a reader, tomorrow a leader.
A good readers live a comment here ^ ^
I always try to reply your comment and visit back to your blog/website.
So, keep coming back and we can be a friend xoxo

4 thoughts on “Ritual Perawatan Untuk Rambut Rontok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.